Remdesivir Segera Masuk Indonesia, Apa Kegunaan dan cara kerjanya ?

REPUBLIK62.COM,  Salah satu obat antivirus Covifor (Remdesivir) yang digunakan untuk pengobatan pasien covid 19 akan segera tersedia diindonesia.

Obat asal india ini di produksi oleh Hetero yang merupakan salah satu perusahaan farmasi genetik dan perusahaan obat antireroviral terbesar didunia.

Dalam waktu dekat obat ini akan didistribusikan diindonesia Melalui PT Amarox Pharma Global berkolaborasi dengan Kalbe Farma.

Dalam konferensi pers virtual, Presiden Direktur Kalbe Vidjongtius mengungkapkan bahwa kerjasama antara Kalbe dan Hetero ini merupakan upaya Kalbe dalam membantu menanggulangi covid 19 di tanah air.

"Peran Kami untuk memasarkan dan distribusi obat covifor diindonesia dan nantinya obat yang telah dipesan akan segera kita distribusikan ke seluruh rumah sakit." katanya.

Sandeep Sur, Country Manager of PT Amarox Pharma Global juga mengatakan bahwasannya ketersediaan obat ini tak terbatas, Yang berarti obat ini bisa dikirim untuk pasien covid diindonesia.

Hetero’s Amarox Global Pharma adalah perusahaan pertama yang mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) untuk Remdesivir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia.

Lantas Bagaimana Cara Kerja remdesivir

Remdesivir merupakan salah satu obat yang sudah masuk dalam daftar standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan sudah mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) untuk penggunaan obat covid darurat, Sehingganya tidak sembarangan diberikan kepada pasien.

Obat ini hanya diperuntukkan kepada pasien yang telah terkonfirmasi oleh laboratorium, usia dewasa atau remaja yang dirawat di rumah sakit dalam kondisi parah.

Untuk tahap awal obat covid 19 akan di berikan kepada 25 pasien covid di RSUP Persahabatan. Dinegara lain obat ini juga sudah di ujikan dan memberikan hasil yang baik, kata Erlina yang namanya terdaftar dalam anggota satgas waspada dan siaga NcoV PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Fungsi utama remdesivir adalah menghambat replikasi virus sehinga sistem imun pasien dapat mengendalikan virus. Nantinya remdesivir akan diberikan melalui cairan infus, 200 miligram hari pertama, hari berikutnya 100 miligram ( bisa sampai 5-10 hari ). Ini diinfuskan bersama NaCL 0,9 persen," terangnya. "Semoga, remdesivir akan memberikan efektivitas yang baik dan juga aman untuk pasien Covid-19," imbuhnya.

 

Related Posts